Rogerkomp melayani service laptop dan komputer di jayapura hub 082198428797

Rabu, 22 Oktober 2008

Memasang Channel Tv Di Jaringan ( LAN )

Utk setup layanan siaran TV ini, kamu perlu sebuah TV tuner card, sound card (onboard card juga bisa digunakan) dan sebuah streaming server (pelayan aliran) yg akan membawa input dari TV tuner/capture dan sound card secara bersamaan menyandikan (encode) output tsb sbg sebuah streaming (aliran) video.
Beberapa streaming server yg berjalan di lini Windows diantaranya VedioLAN, Windows Media Encoder dan Unreal Media Server. Dlm tulisan ini digunakan Unreal Media Server, yg gratis dan cukup mudah utk disetup.

Unreal Media Server bisa didownload di http://www.umediaserver.net/download.html. Kamu juga bisa mencarinya menggunakan search engine. Yg menarik, streaming server ini bisa dijalankan pd mesin Win 95/98/ME/XP/2000/2003.
Pd sisi server, Unreal Media Server memilki 2 komponen penting. Pertama, Unreal Live Source Server utk menangkap (capture) video dan audio dari TV tuner dan sound card. Yg kedua, Unreal Media Server yg mampu mengalirkan channel video pd jaringan itu.
Sedang pd sisi clients terdpt sebuah komponen bernama Unreal Streaming Media Player. Kesemua komponen itu merupakan bagian dari paket Unreal Media Server, yg bisa kamu download pd sitenya: http://www.umediaserver.net.

INSTALASI SOFTWARE
Pertama sekali, kamu harus install TV tuner dan sound card, plus drivernya ke sistem kamu. Selanjutnya, salin software streaming hasil download ke desktop kamu.
Ato langsung download file streamingserver.zip, yg masing2 memuat ketiga file utama tsb dari site http://www.agrreviews.com/modules/my...3c9b79c3b5a872. Setelah proses unzip file berakhir, kamu akan mendapatkan 3 file .zip penting (ULiveserver.zip, UMediaserver.zip, dan StreamingMediaPlayer.zip), sourcecode.zip, dan petunjuk instalasi (full teks).
Lanjutkan instalasi software dg cara membuka setiap file zip itu (unzip) ke dlm folder yg terpisah (berupa kompresi file .msi), lalu jalankan masing2 file eksekusinya (.exe) di setiap folder itu.

KONFIGURASI STREAMING SERVER
Step-1
Setelah masing2 instalasi di atas berakhir, kamu perlu mengkonfigurasi Unreal Live Source Server dan Unreal Media Server. Utk mengkonfigurasi Unreal Live Source Server, jalankan ULiveServerConfig dari Start>Program>Unreal Streaming.
Ini akan membuka sebuah window konfigurasi; pd panel kiri, kamu akan melihat sebuah ikon ‘Live Sources’. Klik-kanan lalu pilih ‘Add new media source’ hingga sebuah dialog box ‘Media Source Option’ akan terbuka, di bawah ‘Live Media Type’, tandai (cek) Video and Audio.
Saat berada pd opsi Encoding, kamu bisa memilih bandwith yg akan dijadikan aliran video pd jaringan itu. Kamu bisa memilih LAN (900 kbps) dan selanjutnya pilih Next.

Step-2
Selanjutnya, akan ditayangkan ketersediaan/fasilitas TV tuner/capture card mesin kamu. Pilih TV tuner/capture card dari daftar yg ada, selanjutnya tetapkan inputnya sbg ‘Video Tuner In’ dan klik Next. Utk mengkonfigurasi sound card itu, pilih sound card yg ada di mesin kamu yg selanjutnya memilih ‘Line In’ sbg inputnya.
Yg tdk boleh dilupakan, adl menghubungkan “kabel putar” dari socket sound-out dari TV tuner ke socket line-in dari sound card. Utk lebih meyakinkan apa yg kamu lakukan tdk salah, kamu bisa mencoba suaranya dg cara mengklik tombol Next.
Ketika kamu klik Next, kamu akan mendapatkan sebuah ID dari Live Source Server. ID ini bakal kamu perlukan saat kamu setup Unreal Media Server. Sekarang, beri penjelasan kpd pemberi layanan dari source media dan klik Finish. Sampaidi sini, Live Source Server sudah siap digunakan.

Step-3
Jalankan Media Server Configuration dari Start>Program>Unreal Streaming. Pd panel sebelah kiri window Media Configuration yg terbuka, kamu akan menemukan sebuah ikon ‘ Live Broadcast’ di bawah ‘Media Server’. Klik-kanan aja ikon ‘Live Broadcast’ dan pilih ‘New Line Broadcast’. Ini akan membawa kamu ke sebuah dialog box yg memuat 3 teks box.
Dlm box ‘Live Broadcast Alias’ beri beberapa logical, alias dari nama itu. Di dlm teks box ‘Server Live source IP address and ID’ akan memberi IP address dari mesin dan nomor ID bersangkutan (kamu akan mendapatkan ID tsb dlm step-2), saat kamu berhasil memasang Live Source Media. Sedang di dlm teks box ‘Live Broadcast Description’, beri sebuah penjelasan streaming server kamu. Sampai di sini, bagian konfigurasi bisa dianggap selesai.

Step-4
Jalankan software TV tuner card utk menampilkan channel TV pd server bersangkutan.


Instalasi dan Konfigurasi Client

Utk menikmati aliran channel TV pd desktop client. Pertama, salin file StreamingMediaPlayer.zip yg sudah kamu unzip ke dlm bagian instalasi server ke mesin client. Selanjutnya, jalankan file2 yg eksekusi (.exe) utk memasang streamin player pd client tsb.
Nah, setelah instalasi berakhir, kamu bisa menjalankan Streaming Media Player dari Start>Program>Unreal Sreaming. Cara ini akan mendaratkan sebuah player pd layar client kamu.
Pd layar itu, klik Media>View Remote Live Source, di mana ini akan memunculkan sebuah dialog box. Selanjutnya, pd teks box ‘Media Server IP address or Internet name’, masukan IP address dari streaming server.
Dan dlm ‘Connection Protocol’ klik radio box TCP, dg memilih ‘Alias’ dan beri nama alias itu sesuai dg yg telah kamu berikan pd step-3. ato kamu bisa memilih ‘Direct’, dan memberi IP address dan nomor ID dari streaming server yg kamu miliki.
Bila detil IP ato detil Alias benar2 tepat, kamu akan mendapatkan jamuan tayangan menu Live TV pd Streaming Media Player kamu dari streaming server.
Bahkan kamu bisa melakukan host streaming Live TV dg baik pd server Intranet kamu. Lebih jauh, kamu bisa menulis sebuah kode HTML sedemikian rupa hingga sebuah clisnt bisa mengakses streaming server itu dari browser Web mereka.

Sumber : Indo

Jadikan HOBI Kamu berinternet bisa menghasilkan uang Tambahan:
Dapatkan penghasilan tambahan disini
lowongan kerja pekerjaan sambilan

Pesan dan Kesan

Gabung Yuk...

Klik Aja

Pengikut