Menggunakan Internet Connection Sharing untuk berbagi sambungan Internet, Kita persiapkan salah satu komputer yang yang sudah terkonek dengan Internet, berfungsi sebagai host, dan komputer lain sebagai Client. masing-masing komputer harus memiliki adapter jaringan yang telah dikonfigurasi untuk menyambungkan ke suatu Jaringan LAN.

Pada komputer host
Pada komputer host, ikuti langkah-langkah untuk berbagi sambungan Internet:
  1. Log on ke komputer host sebagai Administrator.
  2. Klik Start, dan kemudian klik Control Panel.
  3. Klik Network Connection.
  4. Klik kanan Connection  yang Anda gunakan untuk menyambungkan ke Internet. Contohnya, apabila Anda tersambung ke Internet dengan menggunakan modem Huawei Mobile Connection, Klik Properti.
  5. Klik Advanced.
  6. Pada Internet Connection Sharing, pilih kotak centang “ cek” Allow other network user to connect through this computer’s internet connection.
  7. Klik OK. Anda menerima pesan berikut ini:
Saat Internet Connection Sharing aktif, IP Adderss Adapter LAN akan diset  untuk menggunakan IP Adderss 192.168.0.1. Komputer Anda bisa saja kehilangan konektivitas dengan komputer lainnya didalam jaringan.
Sambungan ke Internet dibagi ke komputer lainnya pada jaringan area lokal (LAN). Adapter jaringan yang disambungkan ke LAN telah dikonfigurasi dengan alamat IP tetap 192.168.0.1 dan subnet mask  255.255.255.0
Pada komputer client
Untuk menyambungkan ke Internet dengan menggunakan Internet Connection Sharing, Anda harus mengkonfirmasi konfigurasi IP adapter LAN, kemudian mengkonfigurasi komputer client. Untuk mengkonfirmasi konfigurasi IP adapter LAN, ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Log on ke komputer klien sebagai Administrator atau sebagai Pemilik.
  2. Klik Start, dan kemudian klik Control Panel.
  3. Klik Network Connection.
  4. Klik Sambungan Jaringan.
  5. Klik kanan Local Area Connection, kemudian klik Properties.
  6. Klik tab Umum, klik Internet Protocol (TCP/IP), kemudian klik Properti.
  7. Di dalam kotak dialog Properti Protokol Internet (TCP/IP), klik Munculkan alamat IP secara otomatis (jika belum dipilih), kemudian klik OK.Catatan Anda juga dapat menetapkan alamat IP tetap tertentu di dalam kisaran 192.168.0.2 sampai 192.168.0.254. Contohnya, Anda dapat menetapkan alamat IP tetap, subnet mask, dan gateway default berikut ini:
  • Alamat IP          192.168.0.
  • Subnet mask        255.255.255.0
  • Gateway default    192.168.0.1
Untuk mengkonfigurasi komputer Client agar dapat menggunakan sambungan Internet sharing, ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Klik Starat, dan kemudian klik Control Panel.
  2. Klik Internet Option.
  3. Pada kotak dialog Internet Properties, klik tab Connections.
  4. Klik Setup.
  5. Klik Next, untuk melanjutkan
  6. Pilih “Connect to the Internet” klik Next,
  7. Pilih Set up connection manually, klik Next
  8. Pilih Connect using a broadband connection that is alway on, klik Next
  9. Klik Finish
  10. Tutup Control Panel.
Sekarang saat Anda menjalankan Microsoft Internet Explorer, komputer client akan mencoba menyambungkan ke Internet dengan menggunakan komputer host dengan sambungan Internet Sharing.